Terbaru

Ketua Team Saber Pungli Minta PPDB Jawa Barat Tahun ini Aman dan Bersih

BEKASI – Sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat, sejak Senin 6 Juni 2022 kemarin sudah mulai melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 untuk jenjang SMA, SMK, dan SLB tahap pertama hingga 10 Juni nanti.

Sedangkan untuk tahap berikutnya menurut agenda akan berlangsung dari tanggal 23 sampai 30 Juni 2022 mendatang.

Pendaftaran diselenggarakan dengan dua cara, yakni secara online dan offline.

Dalam pelaksanaannya nanti, Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat akan ikut juga mengawasi proses PPDB Jabar 2022.

Salah satu bentuk pengawasannya yakni dengan memasang spanduk di semua sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kab/Kota Provinsi Jawa Barat.

Dalam spanduk yang tertera, Satgas Saber Pungli mengultimatum agar oknum tak main-main dalam proses PPDB tersebut.

Kepala sekolah maupun masyarakat umum bisa melaporkan langsung ke Satgas Saber Pungli untuk ditindak dengan menghubungi beragam komunikasi yang sudah tertera dalam spanduk di tiap sekolah.

“Itu salah satu bentuk sosialisai pencegahan Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat kaitannya dengan PPDB,” ujar Ketua Satgas Saber Pungli Jawa Barat Drs. HMS. Iritanto, Selasa (7/6/2022) sore.

Saber Pungli Jawa Barat juga mengimbau agar orang tua ataupun masyarakat jangan segan melapor jika menemukan pungutan liar ataupun hal-hal lain yang merugikan dalam pelaksanaan PPDB di sekolah.

“Sebab selama ini ada disinyalir kuat beberapa sekolah yang melakukan pungutan,” ungkap Irianto.

“Kepala sekolah ataupun masyarakat bisa langsung melaporkan ke kami melalui beragam komunikasi yang sudah tertera dalam spanduk di tiap sekolah,” tegas Irianto.

“Namun saya berharap tidak ada pungli lagi dalam pelaksanaan PPDB khususnya di wilayah Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya,” pungkas Irianto.

( Julian )

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *