Terbaru

DLH Sosialisasi Penilaian Lomba Kampung Bersih Makin Berani

BEKASI – Lomba Kampung Bersih Makin Berani mulai bergulir di wilayah Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-73 yang acara puncaknya akan diperingati pada 15 Agustus 2023.

Guna memaksimalkan tahapan lomba, Pemkab Bekasi melaksanakan sosialisasi penilaian Lomba Kampung Bersih Makin Berani secara virtual di Command Centre, Diskominfosantik, Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat, pada Kamis (27/07/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Donny Sirait mengatakan, kriteria dan kategori lomba kampung bersih tahun ini sama dengan tahun lalu.

“Ya, kriteria penilaian mencakup pada kebersihan dan pengelolaannya, ekonomi circular sampah, keindahan lingkungan, ketertiban baik administrasi penduduk maupun penataan parkir, keamanan lingkungan dan inovasi lingkungan,” terangnya.

Meskipun kriteria dan bobot nilai tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, namun lomba ini difokuskan sejalan dengan program Pemkab Bekasi dalam penanganan sampah.

“Artinya mendorong adanya pengelolaan sampah di tingkat masyarakat di tiap wilayah, apakah sudah berjalan atau tidak,” katanya.

Donny menandaskan, apabila di satu wilayah atau perkampungan memiliki tempat pengelolaan sampah, maka sampah-sampah tersebut tidak semuanya harus diangkut TPA) Burangkeng yang kondisinya sudah melebihi kapasitas (overload).

“Apalagi untuk sampah yang bernilai ekonomi. Seperti botol plastik itu kan tidak perlu sampai kesana. Termasuk sampah organik yang bisa dijadikan pupuk,” jelasnya.

Maka dari itu, kata dia, edukasi penanganan sampah sangatlah penting untuk dipahami masyarakat. Agar sampah tersebut bermanfaat bahkan menjadi sumber pendapatan.

Dia menuturkan, penilaian lomba kampung bersih makin berani akan dilaksanakan pada tanggal 1-6 Agustus 2023, untuk penilaian di tingkat desa dan kecamatan. Disusul tanggal 7-13 Agustus 2023 penilaian tingkat Kabupaten Bekasi. Selanjutnya pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 19 Agustus 2023.

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *