Terbaru

Antisipasi Kekeringan, Dinas Damkar Kabupaten Bekasi Siap Suplai Air Bersih

BEKASI – Menghadapi musim kemarau, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi siap memberikan bantuan suplai air bersih kepada wilayah yang terdampak kekeringan. Bahkan Damkar juga menyiapkan armada khusus untuk menyuplai ketersediaan air ke masyarakat.

Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bekasi, Hasan Basri menjelaskan terdapat sejumlah kecamatan yang biasanya mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Oleh sebab itu pihaknya akan membantu menyalurkan air bersih secara gratis kepada masyarakat.

“Caranya adalah dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran yang biasa digunakan untuk melakukan kegiatan pemadaman api, beralih fungsi sebagai mobil suplai air bersih. Karena dengan mobil itu dalam satu hari, kita bisa menyuplai air bersih mencapai ribuan liter,” ujar Hasan Basri, Rabu (02/08/23).

Hasan juga menjelaskan, pengisian air bersih itu dari kerjasama antara Pemda Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pemadam Kebakaran dengan pihak PDAM Tirta Bhagasasi. untuk memenuhi kebutuhan utama masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Iya memang ada perjanjian dengan PDAM untuk pengisiannya, untuk distribusinya selama itu diminta kita siap menyuplai. Biasanya kita juga sering mengirim ke Kecamatan Bojongmangudan Kecamatan Cibarusah,” jelasnya.

Hasan Basri juga menjelaskan masyarakat dapat melaporkan kepada pemerintah wilayah setempat, seperti pemerintah desa dan kecamatan jika mengalami dampak kekeringan. Setelah adanya laporan itu, Dinas Damkar segera bergerak mensuplai ketersediaan air tersebut.

“Jadi untuk distribusi kita bergerak berdasarkan permintaan, karena untuk menggerakkan mobil Damkar yang membawa air bersih ini juga kita berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan termasuk titik lokasi distribusinya,” ujarnya.

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *