Terbaru

Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Targetkan 9.000 Ekor Ternak Divaksin Di Tahun 2023

BEKASI – Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi pada Tahun 2023 ini menargetkan 9.000 ekor ternak divaksin. Hal tersebut dilaksanakan untuk pencegahan dan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Bekasi.

Vaksinasi terus menerus kita lakukan. Satgas juga terus bergerak melaksanakan vaksinansi dan moitoring. Untuk Kabupaten Bekasi sendiri di Tahun 2023 kita menargetkan kurang lebih sekitar 9 Ribu ekor. Terdiri dari vaksin yang ketiga dan juga vaksin yang pertama. Saat ini, kita sudah mencapai 3.000 ekor, ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dwian Wahyudiharto saat ditemui di Kantornya pada Kamis (06/04/23).

Dikatakannya vaksinasi PMK ini bertujuan untuk mencegah penyebarluasan penyakit, melindungi kelompok hewan yang rentan dan mengurangi dampak ekonomi akibat penyebaran PMK dan merupakan tindakan permanen dalam mengendalikan PMK untuk memberikan kekebalan hewan ternak terhadap virus PMK,ungkap nya.

Temuan di Tahun 2022, hampir 19 kecamatan terdapat kasus PMK. Tapi Sekarang, dari Januari 2023 sampai pada 6 April 2023 kurang lebih hanya beberapa ekor saja dan itu dalam proses penyembuhan, katanya.

Dikatakannya di Kabupaten Bekasi saat ini kasus PMK terus menurun untuk itu ia meminta kepada peternak meningkatkan pemeliharaan terhadap ternaknya, baik itu dari pakan maupun manajemen pemeliharaan di kandang dan lingkungan.

Kalau PMK sendiri, penanganan kasus selama ini yang kita lakukan tim yang ada bergerak baik itu untuk pengobatan maupun vaksinasi. Dan juga, kemudian kami terus melakukan sosialisasi pada masyarakat, termasuk di bulan puasa ini, imbuhnya

Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *